Rabu, 22 Januari 2014

Peta Politik Pemilu 2014

Pemilu 2014 sudah tinggal menghitung hari dan bulan. Partai Politik atau Parpol dan Capres untuk Pemilu 2014 saat ini sudah sangat ramai diperbincangkan, baik di dunia nyata, terlebih di dunia maya. Masing-masing sosok Presiden dan Partai Politik bahkan sudah mulai “mencuri start” kampanye dengan melakukan sosialisasi diri, mulai di media cetak, elektronik, hingga di media jejaring sosial demi merebut simpatik rakyat. Kali ini saya akan menyebutkan para Capres yang sudah mulai diunggulkan oleh masyarakat dan partai politik tempat dia bernaung. Saya juga akan menyebutkan cara Capres menanggapi isu pencalonananya dari partai politik sebagai kendaraan poltiknya.

1. Abu Rizal Bakrie — sudah terang-terangan kampanye & sudah mendeklarasikan dirinya namun masih belum memliki pasangan Cawapres (Golkar)
2. Wiranto — Sudah terang-terangan kampanye & sudah mendeklarasikan dirinya serta sudah mmiliki pasangan Cawapres Hary Tanoe (Hanura)
3. Yusri Ihza Mahendra — Sudah terang-terangan kampanye & sudah mendeklarasikan dirinya namun masih belum memiliki pasangan (PBB)
4. Sutiyoso — Sudah terang-terangan kampanye & sudah mendeklarasikan dirinya namun belum memiliki pasangan (PKPI)
5. Prabowo — Sudah terang-terangan kampanye, namun belum deklarasi, dan belum memiliki pasangan (Gerindra)
6. Hatta Rajasa — Sudah terang-terangan, namun belum deklarasi, dan belum memiliki pasangan (PAN)
7. Jusuf Kalla — Sudah terlihat terang-terangan, namun belumada deklarasi (kader Golkar)
8. Megawati Soekarnoputri — masih malu-malu kucing dan belum ada pasangan (PDI-P)
9. Joko Widodo — masih malu-malu kucing dan belum ada pasangan (PDI-P)
10. Rhoma Irama — Sudah terang-terangan, namun belum mendeklarasikan diri, dan belum memiliki pasangan (PKB)
11. Mahfud MD — Masih malu-malu kucing, dan belum ada pasangan (PKB)
12. Suryadharma Ali — Masih malu-malu kucing dan belum ada pasangan(PPP)
13. Anis Matta — Masih malu-malu kucing, dan masih belum ada pasangan (PKS)
14. Surya Paloh — malu-malu kucing, dan masih belum ada pasangan (Nasdem)

Kemudian untuk Partai Penguasa (Demokrat) membutuhkan sosok tokoh yang nantinya akan diunggulkan dan dicalonkan ketika pemilu. Hal ini dikarenakan tokoh utama partai yakni, Bpk. SBY sudah tidak mungkin lagi dicalonkan karena sudah dua kali pencalonan dan menjabat. Akhirnya Partai Demokrat membuat konvensi yang nantinya akan menghasilkan sosok yang akan dicalonkan. Partai Demokrat menggunakan sosok para tokoh Nasional untuk menjadi Peserta Konvensinya. Sehingga mengundang para tokoh ini untuk menjadi peserta Konvensi Partai Demokrat. Meskipun belum ada keputusan hasil dari Konvensi Capres Partai Demokrat, sebagian besar dari para calon ini sudah mulai terang-terangan berkampanye. Berikut nama - namanya :

1. Ali Masykur Musa
2. Anies Baswedan
3. Dahlan Iskan
4. Dino Patti Djalal
5. Endriartono Sutarto
6. Gita Wirjawan
7. Hayono Isman
8. Irman Gusman
9. Marzuki Alie
10. Pramono Edhie Wibowo
11. Sinyo Haris Sarundajang
Nama ini muncul setelah dari tanggal 27-29 Agustus 2014  para tokoh melakukan tatap muka dengan komite konvensi. Komite ini memutuskan dan menetapkan para tokoh yang menjadi peserta konvensi capres Partai Demokrat sebanyak 11 orang diatas. Demikian hasil analisis sementara saya terkait Peta Politik Pemilu 2014. Terima Kasih sudah membaca.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar